Tuesday 17 February 2015

Kelas Bilingual

Adalah kelas yang cara penyampaian mata pelajarannya menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Buku yang digunakan pun menggunakan versi bilingual. Tetapi meskipun begitu tidak semua mata pelajaran disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris seperti Pendidikan Agama Islam, Bahasa Jawa, IPS, Bahasa Indonesia, olahraga dan lain-lain. Kelas bilingual biasanya terdapat di sekolah menengah pertama.

Tidak seperti kedengarannya, proses untuk masuk ke kelas bilingual sama sekali tidaklah sulit. Karena soal yang diujikan mudah serta peminatnya yang sangat sedikit.

Diharapkan dengan adanya kelas bilingual ini siswa akan lebih menguasai bahasa internasional, mempertambah kosakata Bahasa Inggris  dan lancar melafalkannya. Apalagi dengan adanya program khusus untuk siswa seperti AMEC. Bukannya malah mempersulit siswa karena beberapa mata pelajarannya disampaikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Di samping itu semua , ternyata dengan adanya kelas bilingual muncul kesenjangan sosial antara siswa kelas bilingual dengan kelas reguler. Antara kelas reguler yang solid dan tidak mengenal kutu buku dengan kelas bilingual yang solid dan kelihatan seperti anak kutu buku (padahal sama saja).

Kejelekan lain dengan adanya kelas bilingual ini adalah siswa kelas bilingual cenderung diistimewakan dibandingkan siswa kelas reguler. Akibatnya, muncul perasaan iri dan seperti dianak tirikan sehingga siswa reguler menjadi kurang bersemangat untuk belajar sehingga siswa tersebut menjadi kurang pandai. Terbukti dengan ranking pararel dimana umumnya ranking 48 besar dihuni oleh anak bilingual saja dari kurang lebih 240 siswa (sekolahku dulu).

Setelah membaca ini diharapkan baik siswa maupun guru harap memberikan solusi agar hal jelek tersebut tidak terjadi. Memberikan solusi agar siswa reguler tidak merasa dianak tirikan. Karena jika tidak seperti demikian kesenjangan sosial ini akan berlanjut hingga SMA.

Tidak percaya? Saya yang mengalami ini!


Sekian. Salam dari ANAK SEKOLAHAN.

0 komentar:

Post a Comment