Wednesday 11 February 2015

Awas! Peringkat 1

Sungguh senang rasanya ketika kita mendapatkan peringkat pertama di kelas. Semua orang senang kecuali yang memang tidak senang. 

Tapi ingat! Mendapatkan peringkat pertama itu sama seperti saat kita sudah berada di puncak pohon kelapa untuk mengambil buahnya. Sehingga pada akhirnya kita akan dihadapkan dengan dua pilihan.

Tetap di atas

Dengan banyak buah kelapa yang menyegarkan dan tidak membaginya dengan orang yang sedang menunggu di bawah.

Turun 

Dengan membagi rata kelapa-kelapa yang sudah didapatkan tadi meskipun 1 buah tidak cukup untuk menyegarkan badan sendiri.

Dan ketika sudah memilih, jangan pernah menyesesali konsekuensi yang akan diterima. Tetap di atas dan turun itu seperti halnya orang yang sudah puas dan tidak puas. Kalau sudah puas, pasti dia akan turun dan pasti akan dihajar oleh orang yang sedang menunggunya dibawah karena tidak diberi kelapa. Kalau tidak puas pasti dia akan naik dan memanjat pohon yang lain meskipun pohon yang akan didakinya lebih tinggi dari pohon yang sebelumnya. Mengapa demikian? Karena orang yang sudah diberi kelapa pasti akan membantunya.

Pertanyaannya adalah mengapa di postingan ini saya beri label sekolah dasar? Ini karena awal dari kegagalan seseorang dimulai saat dia mendapatkan peringkat pertama di sekolah dasar dan salah memilih ketika dihadapkan dengan dua buah kelapa tadi.

Anak SD cepat puas. Dia bisa mendapatkan peringkat pertama dengan tidak belajar sehingga pasti akan mengulangi hal yang sama, yaitu tidak belajar. Dan hal itu pasti berlanjut ketika dia SMP, atau SMA.

Kenapa saya tahu betul mengenai hal tersebut? Karena saya mengalaminya.

Sekian. Salam dari ANAK SEKOLAHAN.

0 komentar:

Post a Comment